RSS

Ketagihan Tawa

31 Dec

Demi terbahak, batas kemanusiaan halal dilabrak. Rasa hormat begitu saja dicampak. Rasa malu hilang tanpa jejak. Jangan ungkit-ungkit soal akhlak.

“Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati.” ujar Rasulullah saw suatu hari, diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Tapi nasehat itu tidak diindahkan. Lalu dihadirkanlah jargon-jargon “open minded”, “dark jokes”, dsb demi pembenaran canda yang keterlaluan.

“Humanity above religion”, kata orang-orang itu. Tapi bohong. Jargon itu semata agar mereka tidak diingatkan dengan dalil agama. Karena kenyataannya rasa haus untuk tergelak sah-sah saja menginjak empati.

Kondisinya sudah sampai begini: bila Anda mengucapkan selamat hari raya agama lain, maka Anda toleran; tapi bila marah karena agama Anda diolok-olok, Anda tidak toleran.

Padahal toleransi itu cukup di batas menghargai tanpa mengusik keyakinan orang lain, dan tanpa perlu partisipasi dalam kegiatan atau kata-kata.

Kematian, rasa lapar, bencana, dan penderitaan orang lain halal untuk ditertawai atas nama dark jokes. Demi tawa. Untuk dunia yang penuh hahaha.

Yang mereka inginkan adalah akhir hidup dalam keadaan mulut terbuka lebar dan rahang mengeras tak mampu mengatup. “Matimu tak jauh dari kebiasaanmu.” Lalu, “Setiap hamba akan dibangkitkan berdasarkan kondisi meninggalnya.” (HR Muslim)

Pada hati yang telah mati, alasan dark jokes adalah pembiasaan untuk hidup dalam kelamnya jahannam. Maka gelap-gelapilah canda kalian dengan menertawakan agama, merendahkan kemanusiaan, menginjak-injak rasa hormat. Tapi kelak, di hadapan Zabaniyah, tersenyum kecil pun kalian tak kan mampu.

Oh ya, juga demi konten yang harus selalu tersedia.

 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: