RSS

Sunnah Sayyiah Rasa Heran Terhadap Ajaran Islam

24 Nov

Berabad-abad lalu para ulama telah membahas hukum catur. Mereka berbeda pendapat. Dan memang ada yang mengharamkan.

Kemarin, Ustadz Abdul Somad (UAS) menyampaikan dalam ceramahnya pembahasan yang telah final diijtihadkan oleh para ulama. Tiba-tiba anak-anak malas ngaji plus non muslim terjangkit islamophobia bersikap norak dengan mencela beliau.

Saya rasa bukan soal catur. Bahkan mereka akan kaget dan heran terhadap banyak hal dalam ajaran Islam.

Andai mereka baru tahu adanya kewajiban sholat 5 waktu sehari semalam buat muslim, mereka akan memprotes mengapa banyak sekali sholatnya. Terasa merepotkan dan membebankan. Muncul gugatan bahwa ibadah tersebut hanya buang-buang waktu dan mengganggu usaha mencari nafkah dan aktifitas keseharian.

Andai mereka baru tahu Islam melarang miras, judi, dan zina, mereka akan mengejek agama ini. Dikatakannya terlalu mengekang, membuat hidup membosankan, dan merenggut kesenangan.

Andai mereka baru tahu ada syariat puasa, zakat, dan naik haji, akan ada saja celaan kepada yang menyampaikan tentang kewajiban tersebut. Dituduhnya lah sang da’i ingin membunuh orang dengan rasa lapar, atau ingin merampas harta orang, dan sebagainya.

Dan bukan kah walau pun mereka sudah tahu, tapi sinisme kepada syariat Islam tetap saja ada? Perintah qurban termasuk salah satu yang sering dipermasalahkan. Tiap tahun ada saja yang menyindirnya sebagai ajang pembantaian tak berkemanusiaan. Apalagi kebolehan poligami serta aturan jihad.

Maka ini bukan tentang catur semata. “Malu ditertawakan,” kata Menag. Padahal selain soal hukum catur pun mereka sudah sering menertawakan. Lalu apakah kita turuti saja nafsu mereka, tak perlu disampaikan dan dilaksanakan ajaran yang akan dikomentari orang agar pak Menag tak malu? Naudzubillah.

Para pencela itu hanya melanjutkan kebiasaan para penyembah berhala yang merasa janggal dengan seruan tauhid.

“Dan mereka heran karena mereka kedatangan seorang pemberi peringatan (rasul) dari kalangan mereka; dan orang-orang kafir berkata, “Orang ini adalah pesihir yang banyak berdusta. Apakah dia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan yang satu saja? Sungguh, ini benar-benar sesuatu yang sangat mengherankan.”” (QS Shad:5)

Itulah sunnah sayyiah rasa heran kepada ajaran Islam yang diturunkan dari penyembah berhala jaman feodal hingga jaman milenial.

 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: