RSS

UAS, Artis Korea, dan Gorengan Media Massa

10 Sep

Kembali Ustadz Abdul Somad (UAS) dighibahi media massa. Yang sedang digoreng oleh jurnalis-jurnalis keji belakangan, tentang ceramahnya mengingatkan umat Islam untuk menjaga diri dari pengaruh buruk hiburan asing.

Saya curiga, ada dendam politis yang bersenyawa dengan islamophobia berkepentingan untuk merusak nama baik ustadz yang tegas dalam ceramahnya ini.

Sebuah video dari potongan ceramah beliau memperlihatkan jawabannya kepada orang yang bertanya apa hukumnya menggemari dan menyukai film Korea. “Jangan suka kepada orang kafir, siapa yang suka kepada orang kafir, maka dia bagian dari kafir itu. Condong artinya pada orang kafir.” Ia juga berkata, “Jangan ditonton lagi itu sinetron-sinetron korea korea, rusak. nanti pas sakaratul maut, datang dia ramai-ramai. Apa yang sering kita dengar, apa yang sering kita tengok, akan datang saat sakaratul maut.”

Jahat, ada yang mencari uang dengan cara menjatuhkan kehormatan ulama. Diframing tanpa akhlak bahwa Ustadz Abdul Somad mengkafirkan penonton drama Korea.

UAS mewanti-wanti dengan keras. Karena kerusakan dari pengidolaan yang berlebihan ini sudah tampak.

Medio Desember 2017, media massa mengabarkan ada fans drama Korea di Indonesia yang ingin mengikuti perbuatan idolanya Jonghyun SHINee yang telah mati bunuh diri. Gila. Dan begitulah, orang yang sudah fanatik menyukai sesuatu akan berbuat yang di luar akal manusia.

Dampak lain adalah hilangnya sopan santun terhadap yang tua. Dialami oleh ibu Elly Risman ketika memprotes pemerintah saat ingin menghadirkan artis Korea, para penggemar hiburan dari negeri gingseng itu pun membully dan melecehkan sosok ibu berilmu yang amat perhatian terhadap akhlak generasi muda.

Ada pun peringatan UAS, jelas dalilnya tersurat dalam sabda Rasulullah saw, “Engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai. (Di hari kiamat)” (HR Muslim) UAS tidak sedang memvonis personal, tetapi mengemukakan kaidah bahwa siapa yang menyerupai suatu kaum, memiliki kecenderungan kepada mereka, maka dia bagian dari kaum itu.

Tentu tidak serta merta penonton dan penyuka film Korea dihukumi murtad. Selama masih memegang syahadatnya, tidak berhak dihukum kafir. Hanya saja itu adalah penghukuman oleh manusia. Bagaimana dengan Allah swt? Yakin kah bahwa orang yang mengidolakan mereka yang ingkar kepada Allah swt itu diterima keimanannya? Lisan bisa menyatakan syahadat, tapi Allah yang menilai kejujuran hamba-Nya. Di sini lah UAS mewanti-wanti dengan keras.

Ketika kehidupan artis Korea lebih diikuti dari pada kisah perjuangan Rasulullah saw. Ketika hadits Nabi dan firman Allah sangat jarang dibaca dibandingkan berita si idola. Ketika sholawat kepada Nabi Muhammad saw sangat jarang terucap dibanding nama si artis. Ketika cinta kepada Allah swt & Rasul-Nya kalah dibanding cinta kepada public figure oriental nan rupawan. Ketika perilaku dan tampilan tokoh kesayangan diikuti tanpa timbangan halal haram. Maka, sebagaimana hadits di atas, di akhirat kelak ada kemungkinan Allah swt bangkitkan orang tersebut bersama artis Korea idolanya. Sedangkan syafaat Nabi Muhammad saw jauh darinya. Na’udzubillahi min dzalik.

UAS sudah memperingatkan. Sudah tunai tugasnya. Meski jurnalis jahat memplintir dan menghasut agar da’i yang dicintai umat itu dimusuhi penggemar drama Korea.

Media massa itu berhajat dengan pemberitaan seputar drama dan artis Korea. Bila umat Islam mengindahkan nasehat UAS, tentu rugi lah pengelola media. Media pun meminggirkan kode etik jurnalistik. Tidak ditampilkan klarifikasi UAS atas isi ceramahnya. Hanya penggiringan opini sepihak.

Di balik itu semua, juga ada pihak yang dendam secara politis yang sampai sekarang tak henti menyinyiri UAS. Apalagi islamophobia yang melihat UAS memiliki pengaruh di tengah umat.

Ustadz Abdul Somad adalah asset berharga umat Islam. Kasus belakangan tak akan jadi aksi penggorengan yang terakhir kalinya oleh media. Kalau bukan umat Islam yang membela beliau, siapa lagi?

Advertisements
 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: