RSS

Beritahu Mereka, Islam Sesuai dengan Fitrah Manusia!

24 Jun

Dalam video-video youtube tentang kisah perjalanan menjadi mualaf, terungkap bahwa kebanyakan mereka dulunya berpandangan negatif terhadap Islam. Bahwa muslim itu teroris, agamanya mengajarkan kekerasan, dsb. Citra begitu didapat dari agitasi media.

Hingga Allah merancang suatu kejadian dan akhirnya mereka tahu bahwa Islam memuat ajaran yang lurus, yang sesuai dengan jiwa fitrah umat manusia yang menyukai kebaikan. Tak seperti yang ditonton, dibaca, atau didengar selama ini.

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS Ar-Rum: 30)

Akhir ayat di atas memuat pelajaran, tanpa konten keji media pun banyak manusia yang tidak tahu bahwa Islam adalah agama yang cocok dengan jiwa mereka. Ajaran Islam tak mengekang naluri dasar manusia dalam melampiaskan nafsu, hanya mengaturnya agar tidak terdominasi syahwat. Dan dalam kebutuhan ruhani untuk menyembah sesuatu Yang Agung, Islam memperkenalkan Tuhan dengan deskripsi yang sangat bisa diterima.

Hanya saja, manusia kebanyakan tidak tahu. Bisa karena tertutup info yang salah, atau tak sampai dakwah kepadanya.

Padahal bila sudah mengenal Islam, sekalipun ia orang yang kritis dan kuat logikanya, ia akan menerima Islam sebagai agama yang benar. Justru semakin rasio dipakai, semakin kuat Islam menancap.

Tapi ada satu hal lagi syarat menerima Islam. Yaitu hati yang jujur dan mau pasrah terhadap kebenaran yang telah tersingkap. Jangan seperti kaum Tsamud.

“Dan adapun kaum Tsamud, mereka telah Kami beri petunjuk tetapi mereka lebih menyukai kebutaan (kesesatan) daripada petunjuk itu…” (QS Fussilat: 17)

Karena itu, tugas kita lah untuk menyingkap kabut tebal kesamaran akan ajaran Islam. Dalam sikap, hingga melalui media sosial, apa pun sarana itu harus menjadi informasi bagi orang lain tentang hanifnya agama ini.

Bila kita telah menghantarkan hidayah, selanjutnya urusan mereka dengan kejujuran hatinya. Tapi jangan sampai ada orang dekat kita yang tidak tahu bahwa Islam sesuai dengan fitrah mereka.

Yang terjadi pada akhina Deddy Corbuzier, Allah swt telah mengantarkan tamu-tamu yang memerantarai hidayah kepadanya dalam acara Hitam Putih. Ketika masyarakat meributkan kata kafir, ia undang ustadz untuk memberi penjelasan. Sempat juga hadir di acaranya penghafal Qur’an cilik yang membuatnya terpukau.

Deddy seorang rasional. Dan ketajaman logikanya bertemu ajaran Islam yang selaras dengan fitrah manusia. Fitrah untuk mengibadahi Dzat Yang Maha Agung, juga menjalankan ajaran yang penuh kebaikan yang disenangi jiwa yang tidak mengekang naluri manusiawi.

Jadilah ia yang dikecualikan dari akhir Ar Ruum ayat 30. Ia sudah tahu bahwa Islam itu hanif dan sesuai fitrah. Hatinya yang jujur pun mengantarkannya bersyahadat pada Jumat 21 Juni 2019 kemarin di Pesantren Ora Aji, Yogyakarta.

Barokallah, semoga istiqomah akh Deddy.

Advertisements
 

One response to “Beritahu Mereka, Islam Sesuai dengan Fitrah Manusia!

  1. mysukmana

    July 9, 2019 at 3:47 pm

    sumpah ane nangis pas master selesai baca syahadat

     

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: