RSS

Hanya Tiga Ayat

09 Jun

Hanya tiga ayat. Begitu pendeknya surat itu. Tak perlu waktu lama membacanya.

Karena ia bukanlah kalimat basa basi menjemukan. Inefisiensi waktu adalah kerugian. Di dalam surat tersebut Allah bersumpah “Demi masa”. Apa yang Allah jadikan sumpah tentu adalah hal yang sangat penting. Kemudian to the point, Allah sampaikan cara agar beruntung dalam hidup. Pada tiga ayat yang pendek namun efisien, yang sangat sebentar untuk dibaca.

Hanya tiga ayat. Begitu ringkasnya surat itu. Tak panjang bertele-tele.

Di dalamnya terkandung esensi kehidupan. Waktu – yang Allah jadikan sumpah dalam surat itu – adalah kehidupan itu sendiri, begitu bunyi sebuah pepatah Arab. Dalam tiga ayat ramping itu Allah pepatkan intisari kehidupan. Yaitu tentang menyelamatkan diri dari kondisi default: merugi. Dengan cara beriman dan saling menasehati untuk bersabar dan berpegang teguh dalam kebenaran.

Berkata Imam Syafi’i, “Seandainya Allah menjadikan surat ini sebagai hujjah pada hamba-Nya, maka itu sudah mencukupi mereka.”

Hanya tiga ayat. Begitu singkat. Seperti hidup manusia yang sekejap.

“Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu, mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari.” (QS An-Naziat: 46).

“Dia (Allah) berfirman, “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab, “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada mereka yang menghitung.” Dia (Allah) berfirman, “Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui.”” (QS Al-Mu’minun 112-114)

Dalam surat itu Allah bersumpah dengan waktu. Sedang waktu adalah kehidupan. Dan hidup manusia itu sangat singkat.

Hanya tiga ayat, begitu tipis surat yang di dalamnya Allah bersumpah dengan waktu. Laksana mata pedang yang tajam. Pepatah Arab lain berbunyi, waktu bagaikan pedang. Yang akan melukaimu sendiri bila kau tak pandai memanfaatkannya. Begitulah, bila kau tak pandai mengatur hidup, bilah tajamnya waktu akan mengirismu sebagai orang merugi.

Hanya tiga ayat. Mencukupi untuk hidupmu.

“Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS Al Ashr: 1-3)

Advertisements
 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: