RSS

Pertolongan Allah Bukannya Nanggung

30 Apr

“Kabarnya Mesir kena bencana taufan; air yang berubah menjadi darah; juga bencana kutu, katak dan belalang gara-gara mengingkari Musa. Gw cuma bingung. Allah bantuin Musa & Bani Israil kok nanggung amat. Sekalian bantu sampe merdeka nape?”

Mungkin seperti itu kicauan seorang pendukung kerajaan Firaun kalau di zaman itu sudah ada media sosial. Dengan status itu, antara ia menantang Tuhannya Nabi Musa a.s, atau mengolok-olok adzab yang sedang terjadi.

Quran bercerita kepada kita bahwa kemerdekaan Bani Israil tidak datang serta merta. Firaun dan bala tentaranya terlebih dahulu ditimpakan berbagai bencana. Di antaranya taufan; air yang berubah menjadi darah; wabah hama kutu, katak, dan belalang, dll. Tujuannya agar mereka “menyerah” dari watak keras kepala bertahan dalam kekafiran.

“Maka Kami kirimkan kepada mereka taufan, belalang, kutu, katak dan darah sebagai bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa. Dan ketika mereka ditimpa azab (yang telah diterangkan itu) merekapun berkata: “Hai Musa, mohonkanlah untuk kami kepada Tuhamnu dengan (perantaraan) kenabian yang diketahui Allah ada pada sisimu. Sesungguhnya jika kamu dapat menghilangkan azab itu dan pada kami, pasti kami akan beriman kepadamu dan akan kami biarkan Bani Israil pergi bersamamu.” (QS Al-A’raf 133-134)

Kenapa Allah tidak memberi pertolongan secara instan kepada Nabi Musa a.s. dan kaumnya? Karena Firaun dan bala tentaranya punya hak untuk diberi jalan bertaubat.

Semua penjahat di dunia punya kesempatan bertaubat. Termasuk penguasa zalim dalam kisah Ashhabul Ukhdud, yang telah membakar orang beriman di dalam parit. (Lihat QS Al-Buruj ayat 10).

Termasuk pemerintah Zionis Israel yang telah melarang adzan berkumandang di Masjid Al-Aqsho. Mereka punya hak dan kesempatan bertaubat. Saya meyakini api yang membakar kota-kota di Israel saat ini adalah jalan yang Allah sediakan buat mereka agar mengoreksi kebijakannya dan menghentikan penindasan kepada warga Palestina.

Lalu kapankah datangnya kemerdekaan Palestina? Insya Allah, ada saatnya Allah berikan pertolongan bagi kaum yang tertindas bila pihak yang lalim tak kunjung menghentikan kekejamannya. Kapan waktunya, itu urusan Allah. Pertolongan Allah itu malah sering kali turun ketika pihak yang diuji sudah hampir putus asa, hingga menjerit, “mata nashrullah?” “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” (Lihat QS Al-Baqarah: 214)

Akan tiba waktunya Allah menolong rakyat Palestina. Bukan berarti pertolongan Allah itu nanggung banget. Bagi yang mengenal Tuhannya tentu tidak akan berkata begitu.

Semua punya kesempatan bertaubat, termasuk saya, Anda, dan penulis status yang mirip-mirip dengan paragraf awal.

Advertisements
 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: