RSS

Sekelumit Tentang Kepahlawanan

30 Nov

Hadir di saat yang tepat, tunjukkan kegigihan, dan beri kontribusi yang berharga. Sederhana. Tak perlu syarat yang muluk-muluk untuk menjadi pahlawan, yang semua orang bisa melakukannya.

Isa a.s. adalah seorang yang besar, sehingga diangkat menjadi Rasul. Namun di balik kebesaran itu, ia tetap membutuhkan kehadiran para pahlawan untuk berjuang bersama di sisinya. Yaitu para sahabatnya, orang-orang biasa.

“Siapa yang akan menjadi penolongku untuk agama Allah?” Tanya Isa a.s. Dan para sahabatnya hadir di saat yang tepat, menunjukkan kesetiaan, dan memberi kontribusinya kepada Isa a.s. melalui jawaban “Kamilah penolong agama-agama Allah.” (QS 61:14)

Agar punya sesuatu yang akan diberi, maka mantapkanlah kapasitas diri!

Pahlawan memiliki kepekaan dan senantiasa siap sedia menuang jasa. Karena itu, pahlawan bukan orang yang sembarang membuang waktu dan tidak peduli dengan sesama.

Dan pahlawan menginspirasi akan kegigihannya. Sejarah tak pernah mengagungkan nama yang mudah menyerah dan cengeng.

Tetapi abaikan satu hal: Keinginan untuk dipuji, keinginan untuk dikenang, dan keinginan pamrih lainnya. Ketidaktulusan hanya mengantarkan cerita anti klimaks dan celaan, alih-alih pujian.

Allah sudah menakdirkan nama tertentu yang terus bergaung dengan waktu. Namun begitu banyak nama yang tidak terkenal di dunia namun populer di akhirat. Dengan keadaan itu, si empunya nama dapat terjaga keikhlasannya.

Mari berbuat baik, bukan atas alasan ingin dijuluki pahlawan, tetapi karena hidup menjadi berarti bila komitmen pada nilai-nilai kepahlawanan.

 

Alhamdulillah dimuat di KabarUmat

 
Leave a comment

Posted by on November 30, 2015 in Artikel Umum

 

Komentar dooong...!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: